18 March 2011

News : Fenomena Super Moon 20 Maret 2011

Begitu gempar berita di Media televisi yang mengabarkan bahwa sebentar lagi Fenomena Super Moon akan terjadi. Apa itu SuperMoon? tentunya tidak ada hubungannya dengan SuperMan ataupun Sailor Moon.. =P
Keep Reading...



Super Moon adalah Fenomena dimana jarak bulan pada posisi terdekat dengan bumi. Walaupun kejadian Bulan dekat dengan Bumi pada dasarnya adalah peristiwa bulanan dengan periode rata rata 27,3 hari dengan jarak yang bervariasi. Begitu pula dengan peristiwa bulan purnama yang memiliki periode rata rata 29,5 hari.
Dengan keadaan periode seperti itu, maka keduanya akan terjadi bersamaan dalam periode 18 tahun sekali! Dan itulah yang disebut Super Moon atau bahkan Extreme SuperMoon.

Berdasarkan data astronomi, pada hari itu pukul 19.10 GMT atau 20 Maret pukul 02.10 WIB, jarak bulan dengan bumi 356.577 kilometer. Sejam sebelumnya, puncak purnama terjadi pada 19 Maret pukul 18.11 GMT atau 20 Maret pukul 01.11 WIB.

Sejauh ini, kata Djamaludin dari kalangan astronom, tidak ada bukti ilmiah yang mengaitkan Extreme Super Moon dengan akan adanya bencana, terutama 18 tahun lalu pada Maret 1993 atau sebelumnya. Tapi yang pasti harus diwaspadai adalah dampak menguatnya efek pasang surut di bumi terutama pada air laut ketika puncak bulan purnama dengan jarak bulan terdekat.

Bila cuaca buruk di laut dan wilayah pantai diperkuat dengan efek pasang maksimum saat Super Moon, ujarnya, harus diwaspadai potensi bahaya di wilayah pantai yang mungkin saja menyebabkan banjir pasang (rob) yang lebih besar dari biasanya.

Demikian juga bila penumpukan energi di wilayah rentan gempa dan gunung meletus, efek penguatan pasang surut bulan mungkin berpotensi menjadi pemicu pelepasan energi.

Tetapi kondisi Super Moon bukan sebagai sebab utama bencana, tetapi bisa menjadi pemicu efek penguatan faktor lain. "Artinya, kalau tidak ada indikasi cuaca buruk di wilayah pantai atau tidak ada penumpukan energi di wilayah rawan gempa dan wilayah rawan gunung meletus, maka tak ada yang perlu dikhawatirkan dengan posisi perigee bulan bersamaan dengan purnama," kata Djamaluddin.

Semoga saja tidak terjadi cuaca buruk dan mendung sehingga kita secara utuh dapat menyaksikan kejadian langka yang baru bisa kita saksikan 18 Tahun lg ini.
Kemungkinan besar kawah bulan akan terlihat jelas loh..!

God Bless..^^

Regards,

Related Post



0 comments:

Post a Comment