20 March 2011

News : Awas Virus Chat Facebook Merajalela!



Situs jejaring sosial, Facebook semakin marak digunakan oleh orang-orang usil menggunakan fasilitas chat/ obrolan dan pesan yang disediakan oleh facebook. Teknik yang sempurna digunakan oleh virus yang kabaranya bernama W32/Obfuscated.D2!genr ini berhasil menyebar ke ratusan atau bahkan ribuan pengguna facebook hanya dengan hitungan detik.

Pernahkah anda mendapatkan pesan singkat dari kawan anda berbunyi seperti :

o_O hey, lol check out this girl,she i cant believe this video :D: bit.ly/dLaX9g ?

atau

ohhoo!! hello, check out this girl, lol she must be out of her mind for making like that.. i cant believe this video ]:: goo.gl/R0dz3

Itulah pesan yang saya dapat dari teman saya beberapa menit yang lalu.
Memang Teman bisa jadi pegangan, tetapi sebenarnya teman anda juga termasuk korban vius ini. Dengan mengklik Link pada chat tersebut, otomatis anda menjadi korban selanjutnya. Chat anda akan otomatis mengirimkan chat dengan maksud serupa yaitu untuk mencari korban berikutnya kepada teman teman anda yang sedang dalam keadaan online chat.

Dan celakanya lagi, Facebook anda akan digunakan oleh virus ini untuk melakukan Post post bermaksud mempromosikan suatu produk tanpa persetujuan anda. Salah satu contohnya adalah produk obat pelangsing!

Berita baik untuk para pengguna Internet Explorer (IE) anda akan terbebas dari virus ini karena script dari virus yang dibuat dengan bahasa pemrograman Java ini tidak dapat berjalan dengan sempurna pada Internet Explorer.

Saya belum pernah mengalaminya karena bukannya saya tidak percaya teman sendiri tetapi saya sebenarnya malas untuk membuka web yang tidak jelas, karena banyak sekali jebakan yang mungkin akan menanti. Jelas Web tersebut menggunakan fasilitas untuk menyingkat atau menyamarkan nama web yang akan dituju dengan nama yang aneh seperti contoh diatas bit.ly/dLaX9g. Share sedikit nih, pengalaman saya sendiri semua yang menyamarkan nama web atau link location tersebut pasti memiliki maksud tertentu.

Konon Kabarnya (Kek mbah dukun aja), Virus ini dibuat dengan tujuan finansial. Ada Kabar virus ini dibuat hanya untuk melariskan produknya, dan ada juga yang mengabarkan bahwa Virus ini dibuat untuk disembuhkan. Maksud saya adalah pembuat virus ini juga membuat antivirus juga, lalu mulai menyebarluaskan dan mendapat keuntungan dari antivirus tersebut.

Belum diketahui secara pasti apakah virus ini akan menyerang Hardware anda atau tidak, tapi tak ada salahnya berusaha. Apabila anda sudah terlanjur pernah mengkliknya, coba scan PC/Laptop anda dengan antivirus untuk virus luar negri. Dan untuk berjaga jaga anda bisa mengganti password anda, karena juga belum diketahui apakah virus ini juga menyimpan password anda.

Untuk yang belum pernah klik, jangan coba coba klik link virus tersebut dan jangan klik link yang tidak anda ketahui secara jelas.



1 Hal lagi tentang usaha Hacker untuk mengerjai Facebook anda yaitu dengan cara Phising
Hacker dengan sengaja menyebar luaskan URL/Site untuk menjebak anda. Juga dengan cara Chat Facebook.

Contoh:
http://news-all-artis-indonesia.tk <<<< Jangan dibuka
Tampilan :


Site tersebut berisi sama persis ketika anda salah memasukkan password dan username. Hati hati! jangan terpancing. Bila anda memasukkannya, maka Hacker akan mendapat data data tersebut dan dapat dengan leluasa mengutak atik Facebook anda. Yang perlu anda lakukan hanya menutup site tersebut cepat cepat

Tips nya lihat dulu alamat Site / URL kalau kalau ada permintaan username/password.. pastikan benar2 web yang anda pakai.

Waspadalah karena Hacker tidak pernah pandang bulu untuk mencari korbannya.

Semoga Bermanfaat,


Regards,

Related Post



6 comments:

  1. haha terima kasih tentang maklumat tu. baru tadi kawan saya mehantar mesej tersebut mujur saya sempat baca tentang website ni...

    ReplyDelete
  2. wa da kena bro...pe cer?

    ReplyDelete
  3. Terima kasih kembali, Semoga bawa manfaat baik buat kita semua.^^

    ReplyDelete
  4. Kalo dah terlanjur kena coba scan aja Bro PC/Laptopnya, ada kabar virus ni juga nyerang Hardware tapi masih belum tentu valid. tapi ga ada salahnya dicoba scan.
    n yang pasti jangan kena lagi aja...^^

    ReplyDelete
  5. untung blum dikonfirmasi

    ReplyDelete