20 March 2011

News : Hacker vs Cracker dan Usaha mereka


Topik kali ini mungkin sangat Familiar bagi anda terlebih bagi anda yang bergerak di bidang komputer atau IT. Sebagian anak muda bahkan terobsesi untuk menjadi salah satunya. termasuk saya waktu saya masih duduk di abngku SMA. Hacker terlihat sebagai penjahat pada dunia internet dan komputer. mereka mengambil alih username password anda pada suatu site, membobol akun bank, mengambil alih site, dan melakukan hal hal lain yang belum tentu orang awam bisa melakukannya. Sehingga banyak berpikir, Hacker sangat Jahat dan terlihat keren. saya mau jadi seperti itu suatu saat nanti. Tapi taukah anda arti Hacker yang sesungguhnya?

Hacker adalah seseorang yang sudah dibilang expert dalam bidang komputer, mereka tau seluk beluk dari dunia komputer dan internet, namun sesungguhnya Hacker adalah tokoh baik dalam cerita ini. Pada permulaannya, orang yang mendapat julukan hacker adalah seseorang yang mampu mengendalikan komputer dalam jarak jauh, itulah keunggulannya dengan para IT yang lain, tetapi mereka tidak punya maksud jahat, kebanyakan mereka disewa untuk mengetes sebuah sistem suatu perusahaan, lalu memperbaiki sistem tersebut apabila ada celah masuk ke dalamnya.

Berbeda dengan Cracker. Merekalah sebenarnya tokoh antagonis apabila anda menyebut cerita ini sebuah sinetron. =D
Cracker bertujuan merusak sebuah sistem. Mereka mencari celah untuk masuk ke dalam sistem dan mengambil alihnya. Tentu saja ada tujuan yang mereka bawa. Tak salah lagi yaitu tujuan finansial. Mereka ingin memperoleh cara dengan cara cepat dan illegal, contohnya mereka membobol akun situs bank dan mengeruk apapun yang ada didalamnya.

Tapi entah mengapa dewasa ini masyarakat mengenal Hacker sebagai seseorang yang jahat. Ataukah memang Hacker jaman sekarang sudah berubah jahat?dalam Post kali ini saya umpamakan Hacker juga berbuat jahat.

Inilah beberapa trik yang biasa mereka gunakan untuk melancarkan aksinya.
Bukan saya mengajarkan anda untuk menjadi seorang yang jahat, tapi tujuan saya adalah dengan anda mengetahuinya, anda dapat terhindar dari kejahatan internet atau yang biasa disebut Cybercrime

1.Phising
Apa itu Phising?Phising adalah cara Hacker untuk mendapatkan data data korbannya.
mereka membuat website yang sama persis dengan situs2 terkenal saat ini. semisal Facebook, hacker membuat web yang sama persis dengan page login facebook. Bertujuan mengecoh anda dan berharap ada orang awam yang dengan polos memasukkan data data mereka ke site palsu tersebut. cara ini bisa disebut juga FAKE LOGIN. Secara langsung bila ada orang yang terjebak, data yang korban masukkan akan langsung diterima oleh para hacker. Bayangkan saja apa jadinya apabila mereka mendapatkan data e-bank anda atau kredit card anda. Mereka terkadang tidak memilih korbannya, mereka hanya membuat lubang di tanah sehingga banyak orang dapat terperosok ke dalamnya. Kecuali mereka dibayar untuk mengerjai korban korban tertentu.

Tips untuk anda: Saat melakukan Login, Lihatlah dahulu benarkah itu site yang anda tuju.

Celakanya lagi, saya menemukan cara untuk mengalihkan site. cara ini biasa digunakan di tempat tempat publik yang jahil. Hacker dapat membuat anda menuju FAKE LOGIN mereka namun dengan anda mengetikkan site yang benar. Sehingga tidak ada orang yang curiga. Namun cara ini tidak dapat dilakukan untuk semua jenis website, dan cara ini tidak dilakukan secara jarak jauh. hacker yang mengeset kan cara ini di komputer anda. Maka dari itu memang benar cara Warnet warnet memasang software sejenis Deep Freeze untuk menjaganya dari Hacker Hacker jahil.

Tips untuk anda: pilihlah Warnet yang sudah terpasang Deep Freeze dan terjaga keamanannya. Bukan berarti yang tidak terpasang adalah Penjahat, namun tak ada salahnya berjaga jaga. Apabila anda pemilik Website, pasanglah Full Protection pada client komputer anda agar tidak merugikan anda sendiri dan orang lain.

2.Social Networking
Memang kedengaran tidak begitu garang. Cara ini memang sedikit halus dari cara lainnya. Tujuan Hacker juga sama, mereka menginginkan data anda. Saya sebenarnya pernah melakukan cara ini namun tak semuanya berhasil. Mereka menanyakan kepada anda sebuah pertanyaan yang bisa menjadi kunci untuk membobol sebuah email atau apapun. Maka dari itu banyak Hacker yang justru mengerjai teman terdekatnya. Karena memang semakin dekat Korban dengan Pelaku akan mempermudah melakukan serangan. Tapi hanya orang orang tak punya hati saja yang mau mengerjai orang terderkatnya sendiri.

Tips untuk: waspadalah apabila ada seseorang yang secara mencurigakan menanyakan data data anda, terlebih orang yang baru dikenal.

3.KeyLogging
KeyLogging adalah sebuah istilah yang saya umpamakan sebagai usaha Hacker dengan menggunakan Key Logger. Key Logger adalah sebuah software yang dibuat oleh hacker untuk "mencuri" apa yang telah anda ketik selama komputer menyala. Key Logger akan merecord dan menyimpannya dalam sebuah Log atau catatan. Lalu Hacker akan mengambilnya lalu melihat apa yang telah anda ketik tadi. Ada juga Software yang akan mengirimkan datanya kepada Hacker dengan bantuan Internet. Celakanya apabila kebetulan saat itu anda sedang membuka akun bank anda.

Keylogger juga dapat berbentuk sebuah perangkat keras berbentuk menyerupai USB yang dicolokkan pada komputer korban.

Tips untuk anda: Salah satu cara pencegahannya adalah periksalah size rinci dari komputer anda dalam satuan byte. lalu ketikkan apapun pada keyboard, dan periksa lagi total size dalam komputer anda. Apabila ternyata sizenya bertambah, berarti Komputer anda sedang dilakukan pe Record an Key Logger. selisih size tersebut adalah dari log yang dituliskan Key Log dari apa yang anda ketik.

4.Melalui Virus
Siapa yang tidak tau apa arti kata Virus. Seperti halnya pada kehidupan Real, Virus dapat merusak dan menjadi parasit, dalam dunia komputer Virus dapat menginfeksi komputer korban, dan dapat melakukan apapun yang telah dituliskan atau di program oleh Hacker. Pernahkah anda tiba tiba tidak bisa menampilkan Task Manager? tidak bisa menampilkan Properties Komputer? Tdiak bisa melihat File/ Folder Hidden? dan Registry anda tidak dapat dilihat? itulah gejala gejala komputer anda terjangkit Virus. Virus juga dapat menjadi mata mata yang dikirim Hacker untuk mengawasi Program anda, mencuri data anda, dan mengobrak abrik komputer anda.

Virus dapat menyebar dengan berbagai cara.
1. Virus Di"pack" bersama file lain, ketika file didownload otomatis Komputer anda terjangkit Virus
2. Virus menyebar lewat website website yang mencurigakan yang memaksa anda mendownload nya
3. Virus dapat menggandakan diri via USB

Tips untuk anda, milikilah 2 jenis Antivirus, dan tentu saja secara rutin melakukan scan terlebih bagi anda yang suka Browsing. 1 untuk virus lokal, dan 1 untuk virus luar negri, dan nyalakan Firewall karena dengan begini setidaknya komputer anda memiliki Proteksi.

Semoga Bermanfaat...^^

Regards,

Related Post



0 comments:

Post a Comment